Hawin Nurhayati dan Suryani

UNIKAMA – Dua mahasiswa perwakilan dari Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mengikuti kegiatan seminar nasional. Suryani dan Hawin Nurhayati ikut kegiatan yang diadakan Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komesariat Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Dalam kegiatan tersebut, dua mahasiswa yang sedang menempuh semester tujuh ini berpartisipasi menjadi salah satu pemakalah dalam seminar. Dengan demikian, membuat bangga bagi Unikama. Karena kedua mahasiswa tersebut merupakan satu-satunya pemakalah yang masih menjalani perkuliahan sarjana (S1). Sedangkan pemakalah lainnya sudah mengenyam studi S2 bahkan S3 dari berbagai universitas ternama yang ada di Indonesia.

“Kami sempat minder ketika mengetahui pemakalah lain sedang menempuh studi S2 dan S3. Namun kami tidak berhenti sampai disini, kami tetap maju dengan berbekal semua ilmu yang sudah kami dapatkan selama belajar di Unikama. Alhamdulillah, hasilnya memuaskan, kami banyak berdiskusi dengan mereka mengenai materi yang usung. Kami banyak mendapatkan ilmu baru dari kegiatan tersebut,” terang salah satu dari mereka.

Dalam kesempata tersebut, bukanlah kali pertamanya bagi mereka mempresentasikan hasil penelitian yang mereka lakukan. Sebelumnya, keduanya juga pernah mengikuti kegiatan serupa yang diadakan oleh Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Unikama.

“Kali ini pengalaman yang beda. Karena kami tidak berkolaborasi, melainkan membawa makalah sendiri-sendiri dan melakukan presentasinya di luar kandang kami sendiri. Dan ini merupakan sebuah kesempatan dan pengalaman yang sangat besar bagi kami. Disamping itu, kami juga sangat berterimakasih kepada Unikama yang sudah memberikan kesempatan kepada kami untuk menjajal hal baru di luar kampus. This is great! Awesome!” tambahnya.

Mahasiswa prodi Sastra Inggris tersebut membawa makalah mereka untuk dipresentasikan di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta pada tanggal 28 Oktober 2017 nanti. Dalam kegiatan ini dua judul makalah akan dipresentasikan. Kekerasan Terhadap Wanita Dalam Novel “A Thousand Splendid Suns” Karya Khaled Hosseini: Kajian Hak Asasi Manusia, dan Analisis Wacana Kritis dalam Novel “Tentang Kamu” Karya Tere Liye. (leo)

Unikama Ikut “Membongkar Sastra, Menggugat Rezim Kepastian”