ecfix

Malang Raya—Pada 25-27 Oktober 2016 kemarin Mahasiswa Baru Sastra Inggris Unikama melaksanakan acara tahunan berupa English Camp bertema Let’s Internationalize People di halaman rektorat Universitas Kanjuruhan Malang. Acara yang dikemas dengan full berbahasa Inggris itu dilaksanakan selama tiga hari. Program ini bertujuan untuk mengenalkan kehidupan di lingkungan prodi Sastra Inggris Unikama kepada mahsiswa baru.

Dalam kesempatan itu Trisno Tunggal, Kepala Program Studi Sastra Inggris, menyampaikan bahwa bahasa Inggris di Indonesia ini merupakan bahasa asing sehingga masyarakatnya tidak terbiasa menggunakannya. Beda dengan India atau Filipina bahkan Malaysia, di mana, di Negara-negara tersebut bahasa Inggris merupakan bahasa kedua sehingga masyarakatnya terbiasa menggunakannya. Di Negara seperti Indonesia untuk praktik berbahasa Inggris saja perlu keberanian dan nyali khusus karena biasanya orang-orang sekitar justru berpikiran minor misalnya dengan menanggapi ‘sok kem-inggris-lah, sok anulah atau sok apalagi….

Untuk menyikapi itu maka Program Studi Sastra Inggris Unikama ikut berperan serta untuk membumikan bahasa asing ini meski hanya pada lingkup yang sangat kecil yaitu lingkup prodi saja. Diharapkan dari kegiatan ini mahasiswa prodi sastra Inggris Unikama bisa terbiasa berbahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan prodi. Dan setelah lulus mereka sudah siap terjun di masyarakat global di mana bahasa utama yang dipakai adalah Bahasa Inggris.

Ellite Admin,

English Camp – Sarana Pembiasaan Berbahasa Asing