PKKMB ORIENTASI BERKELANJUTAN KAMPUS BERDAMPAK FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA PERTEMUAN KETIGA: “PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK PEMBELAJARAN INOVATIF”

Malang, 10 Oktober 2025 — Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas PGRI Kanjuruhan Malang kembali melanjutkan kegiatan Orientasi Berkelanjutan Kampus Berdampak pada hari ketiga yang berlangsung di ruang A1. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa baru dari tiga program studi, yaitu Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Inggris, serta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Acara dimulai pada pukul 08.50 WIB dengan registrasi peserta, dilanjutkan dengan pembukaan serta sambutan dari Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra, Bapak Rusfandi, S.Pd., M.A., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya kesiapan mahasiswa baru dalam menghadapi tantangan era digital, khususnya dalam bidang kebahasaan dan kesastraan.

Sesi pertama diisi oleh narasumber Dr. Oktavia Widiastusi, M.Pd., dengan materi Pelatihan Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembelajaran. Beliau menekankan bagaimana teknologi kecerdasan buatan dapat menjadi sarana pendukung yang efektif dalam proses belajar-mengajar bahasa dan sastra, baik untuk riset maupun pengajaran interaktif.

Setelah sesi istirahat dan makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua oleh Dr. Lasim Muzammil, M.Pd. Beliau memberikan pelatihan bertema Penggunaan Aplikasi Mendeley/Zotero untuk Mendukung Perkuliahan, yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan pengelolaan referensi akademik secara profesional.

Kegiatan diakhiri pada pukul 14.30 WIB dengan sesi penutupan. Seluruh rangkaian acara berjalan lancar dan interaktif dengan antusiasme tinggi dari para peserta. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dekan, para Ketua Program Studi, dan narasumber yang turut memberikan motivasi serta wawasan akademik kepada mahasiswa baru.

Melalui kegiatan ini, Fakultas Bahasa dan Sastra berharap mahasiswa baru dapat lebih siap dan adaptif dalam memanfaatkan teknologi serta mengembangkan kompetensi akademik dan profesionalisme di bidangnya masing-masing.